1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

 

 

Bandar Lampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Pagi ini Jum’at, 11 Mei 2018 Aula PTA Bandarlampung dipenuhi oleh para calon hakim . Ada 28 calon hakim yang tersebar diberbagai Pengadilan Agama sewilayah PTA Bandarlampung, Kedua puluh delapan calon hakim ini pada umumnya masih relatif sangat muda. Mereka semua terlihat begitu bersemangat dan terlihat begitu antusias. Hal ini dibuktikan  dengan kedataangan mereka yang tepat waktu bahkan sejak pagi sebelum acara dimulai.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

"PTA BANDARLAMPUNG SIAP BANTU PENGADILAN AGAMA DAPATKAN PREDIKAT A EXELLANCE"

Bandarlampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Semakin dekatnya waktu assesment eksternal, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung berpesan agar pendamping yang telah ditunjuk yaitu: Wakil Ketua, Panitera Tingkat Banding dan Kasubbag. Kepegawaian dan Teknologi Informasi  untuk PA Metro dan PA Tanjungkarang sedangkan Hakim Tinggi Bpk. Drs. H. MAKMUN, S.H., M.H., Panitera Muda Banding Bpk. Drs. ERWIN ROMEL, M.H., Serta Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian  Bpk. YOSRINALDO SYARIEF, S.H., M.H. dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Bpk. MUHAMMAD AGUS WIBOWO, S.H., M.H. untuk zona ata... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Deklarasi SAPM PTA Lampung

Deklarasi SAPM PTA Lampung

PTA Bandar Lampung, Siap Implementasi SAPM Tingkat Banding

www.pta-bandarlampung.go.id

Sejak bergulirnya program Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) khususnya dilingkungan Pengadilan Agama, sangat terasa perubahan mendasar dalam hal budaya kerja utamanya dalam hal pemberian pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa Pengadilan Agama semakin mengalami peningkatan, oleh karena  sistem SAPM sangat baik sehingga harus diimplementasikan di Pengadilan Tinggi Bandar Lampung, demikian dikatakan Drs. H. Endang Ali Ma’sum... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

PTA BANDAR LAMPUNG GELAR RAKOR DI PA METRO

PTA BANDAR LAMPUNG GELAR RAKOR DI PA METRO


pta-badarlampung.go.id | Metro, 16 Maret 2018


Rapat koordinasi Panitera dan Bidang Kesekretariatan yang sedianya diadakan di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, kali ini diselenggarakan di Pengadilan Agama Metro. Hal ini bukan tanpa alasan ada beberapa alasan mengapa kegiatan ini akihrnya diselenggarakan di Pengadilan Agama Metro. Selain menghindari kejenuhan, diharapkan pata peserta yang tidak lain adalah Sekretaris, Panitera dan para Kasubag sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dapat menjadikan gedung kantor baru Pengadilan Agama Metro sebagai acuan ketika melakukan renovasi ataupun perubahan gedung kantor baru.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

KPN MAKMUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG MENGGELAR RAT TAHUN BUKU 2017

KPN MAKMUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG MENGGELAR RAT TAHUN BUKU 2017


pta-bandarlampung.go.id | Bandar Lampung
Rapat Aggota Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Makmur menggelar RAT Tahun Buku 2017 dengan tema : “Dengan semangat pengabdian dan kemandirian dalam rangka mengingkatkan kesejahteraan anggota” akhirnya berhasil digelar pada Rabu, 14 Maret 2018.

Penyelanggaraan Rapat Anggota Tahunan ini adalah bentuk pelaksanaan dari amanat UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, Pasal 22 Ayat 1 dimana forum ini merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Di dalam forum inilah semua kebijakan dan program kerja di tahun 2018 dapat ditentukan berdasarkan evaluasi kinerja petugas tahun... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

RAPAT KOORDINASI PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PTA BANDARLAMPUNG

RAPAT KOORDINASI PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PTA BANDARLAMPUNG


 

pta-bandarlampung.go.id | Bandarlampung
Hari Rabu tanggal 7 maret 2018 tepat pukul 13.00, bertempat di Aula Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung, diadakan rapat koordinasi Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama sewilayah PTA Bandarlampung.

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung Bapak Drs. H. Endang Ali Ma'sum, S.H., M.H.. Pada kesempatan tersebut beliau menjabarkan poin-poin pembinaan yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung dalam Acara Rapat Pleno Laporan Tahunan  Mahkamah Agung Republik Indon... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

KPTA Bandar Lampung Lantik Dua Ketua PA

KPTA Bandar Lampung Lantik Dua Ketua PA

pta-bandarlampung.go.id| Bandar Lampung


Ada yang berbeda di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung pagi ini (7/3/2018), selain parkiran kendaraan yang terlihat lebih padat dari hari biasanya, ada beberapa papan bunga ucapan selamat untuk kedua ketua pengadilan agama yang akan dilantik pagi ini.


Adapun orang yang berbahagia pagi ini adalah Drs. H. Asrori, S.H., M.H. (semula Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Kelas  I.B menjadi Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I.B) dan H. Zumrowi, S.Ag. (semula Wakil... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Si LARA hadir di “Kampung Hukum” Jakarta Convention Center

Si LARA hadir di “Kampung Hukum” Jakarta Convention Center

Si LARA hadir di “Kampung Hukum” Jakarta Convention Center

www.pta-bandarlampung.go.id

Kamis, 1 Maret 2018 Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggarakan Laporan Tahunan di Jakarta Convention Center yang dihadiri oleh Presiden RI, Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Pimpinan dan Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Duta Besar negara sahabat, Ketua Pengadilan Tingkat Banding empat lingkungan Peradilan, Ketua Pengadilan Tingkat Pertama empat lingkungan Peradilan di ibukota P... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Pengadilan Agama Kotabumi didirikan beberapa bulan sebelum terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor : 45 tahun 1957 tepatnya tanggal 1 Juli 1957 di Kotabumi oleh DPRD Lampung Utara atas inisiatif tokoh-tokoh masyarakat dan pemuka-pemuka agama setempat.


Kemudian oleh Penguasa Militer TT. Jl. Sriwijaya pada waktu itu dengan surat Keputusannya tanggal 10 Oktober 1957 Nomor : KPTS 127/SRW/1957 yang langsung ditunjuk seorang ketua dan beberapa pegawai yang menjalankan tugas Pengadilan Agama Kotabumi.

Kemudian sesudah berdirinya Pengadilan Agama Kotabumi dengan penetapan Menteri Agama Nomor : 25 tahun 1959 tanggal 11 Juni 1959 ( Menteri Agama pada waktu itu bapak KH. Muhammad Ilyas ) menetapkan terhitung tanggal 17 Desember 1957 mengesahkan terbentuknya Pengadilan Agama Kotabumi di Lampung Utara.

Adapun nama-nama Ketua yang pernah memimpin Pengadilan Agama Kotabumi sejak tahun 1959 sampai dengan sekarang yaitu sebagai berikut :
 

No. Nama Periode
1. KH. A.Syafe'i 1957 - 1962
2. KH. Mahmud Berlian 1962 - 1977
3. M. Daud Kohar, BA 1977 - 1981
4. Drs. Samarcondy Nawawi 1981 - 1991
5. Drs. Abdul Kapi 1991- 1998
6. Drs. Ahud Misbahuddin 1998 - 1999
7. Drs. Zulkifli Arief 1999 - 2003
8. Drs. Ahud Misbahuddin 2003 - 2004
9. Drs. H. Haeruman, S.H. 2004 - 2009
10. Dra. Siti Zurbaniyah, S.H. 2010 - 2013
11. Drs. H. Asrori S.H.,M.H. 2014 - Sekarang

 

Wilayah hukum Pengadilan Agama Kotabumi meliputi 23 Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara sebagai berikut:

  1. Kecamatan Bukit Kemuning
  2. Kecamatan Abung Tinggi
  3. Kecamatan Tanjung Raja
  4. Kecamatan Abung Barat
  5. Kecamatan Abung Tengah
  6. Kecamatan Abung Kunang
  7. Kecamatan Abung Pekurun
  8. Kecamatan Kotabumi
  9. Kecamatan Kotabumi Utara
  10. Kecamatan Kotabumi Selatan
  11. Kecamatan Abung Selatan
  12. Kecamatan Abung Semuli
  13. Kecamatan Blambangan Pagar
  14. Kecamatan Abung Timur
  15. Kecamatan Abung Surakarta
  16. Kecamatan Sungkai Selatan
  17. Kecamatan Muara Sungkai
  18. Kecamatan Bunga Mayang
  19. Kecamatan Sungkai Barat
  20. Kecamatan Sungkai Jaya
  21. Kecamatan Sungkai Utara
  22. Kecamatan Hulu Sungkai
  23. Kecamatan Sungkai Tengah
  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.