Desain Header Web PTA Bandar Lampun min

*** TERIMA KASIH UNTUK TIDAK MEMBERIKAN IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA APARATUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG. WASPADA TERHADAP MODUS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, HAKIM, PEJABAT DAN SELURUH PEGAWAI PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN ***

Ditulis oleh KRISTINA MELLYZA on . Dilihat: 39

PTA Bandar Lampung Catat Kinerja Penanganan Perkara yang Memuaskan di Tahun 2022

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

cover artikel siperading 2

Kinerja menjadi tolok ukur keberhasilan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Bandar Lampung dalam mencapai sasaran sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pengukuran kinerja secara periodik penting dilakukan untuk mengetahui ketercapaian tujuan dari PTA Bandar Lampung, sesuai dengan tugas dan wewenangnya dalam memutus perkara pada Tingkat Banding.

Sepanjang tahun 2022, PTA Bandar Lampung telah mampu mencatat kinerja penanganan perkara yang memuaskan. Hal tersebut tercermin dari empat indikator kinerja penanganan perkara. Meliputi jumlah perkara yang diputus, jumlah sisa perkara, rasio produktifitas memutus perkara, dan ketepatan waktu memutus perkara.

Tercatat, di tahun 2022 PTA Bandar Lampung menerima 63 perkara. Dari jumlah tersebut, seluruh perkara berhasil diputus pada tahun ini. Sehingga PTA Bandar Lampung tidak memiliki sisa perkara hingga akhir tahun 2022.

Berdasarkan indikator jumlah perkara putus dan jumlah sisa perkara, didapat indikator ketiga yaitu rasio produktivitas memutus perkara sebesar 100%. Angka tersebut menunjukkan PTA Bandar Lampung berhasil meraih produktivitas maksimal dengan menyelesaikan seluruh perkara yang diterima pada tahun 2022.

Pada indikator keempat, yaitu ketepatan waktu memutus perkara (on time case processing), sebanyak 63 perkara atau 100% berhasil diputus sebelum tenggat waktu tiga bulan. Tenggat waktu tersebut ditetapkan dalam surat edaran Mahkamah Agung Nomor 2 tahun 2014 tentang Penyelesaian Perkara di Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding Pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan.

Sedangkan rata-rata waktu penyelesaian perkara pada PTA Bandar Lampung mencapai 14,1 hari. Angka tersebut menunjukkan bahwa PTA Bandar Lampung mampu melakukan percepatan penyelesaian perkara jauh lebih cepat dari batas waktu yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Agung.

Hal ini tak lepas dari inovasi yang digalakkan oleh PTA Bandar Lampung sejak tahun 2021, yaitu Sistem Percepatan Penyelesaian Perkara Banding (SIPPERADING). Inovasi ini berupa standar operasional prosedur (SOP) penyelesaian perkara yang memungkinkan penyelesaian perkara banding tidak lebih dari jangka waktu satu bulan sejak perkara diterima.

Selain keempat indikator di atas, kinerja PTA Bandar Lampung juga dapat diukur dari rapor kinerja penanganan perkara pada aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Penilaian ini dilakukan secara berkala oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) kepada seluruh Pengadilan Agama di seluruh Indonesia.

Secara konsisten, PTA Bandar Lampung mampu menduduki ranking satu urutan ketiga untuk kategori II dengan beban perkara 51-150 di sepanjang tahun 2022. Dengan demikian, PTA Bandar Lampung dinilai memperoleh hasil maksimal dalam penilaian waktu putus, waktu minutasi dan waktu upload putusan pada aplikasi SIPP.

Raihan kinerja penanganan perkara pada PTA Bandar Lampung yang sangat memuaskan di tahun 2022, merupakan pembuktian dari komitmen PTA Bandar Lampung dalam mewujudkan pelayanan peradilan yang cepat, mudah, dan transparan di Provinsi Lampung. PTA Bandar Lampung berhasil menciptakan berbagai inovasi dengan pemanfaatan teknologi informasi bagi terwujudnya pengadilan modern berkelas dunia. (Penulis: Rifka Aprilia, Editor: Kristina Mellyza)

(Humas.PTA.BDL)

Hubungi Kami

PTA BANDAR LAMPUNG

Jalan Basuki Rahmat No. 24 Teluk Betung Utara

Kota Bandar Lampung,  Provinsi Lampung.

Telepon  :  +62 721 489813

Faksmile :  +62 721 476054

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.