logo

on . Dilihat: 70

Gelar Audiensi dengan Pimpinan PTA Bandar Lampung,

Tim Redaksi Tribunal Segera Luncurkan Majalah Edisi 2 dan Inovasi Terbaru

 tribunal edisi 2

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

Tim redaksi Majalah Tribunal dan Judiciary Mobile Podcast (JMP) menggelar audiensi dengan pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung terkait dengan penerbitan majalah edisi 2 serta peluncuran inovasi baru . Dalam pemaparannya, Redaktur Pelaksana Majalah Tribunal, Ade Firman Fahtoni mengatakan bahwa tema besar dalam edisi ini yaitu orkestrasi manajemen lembaga peradilan. "Di dalamnya memuat informasi seputar pembaharuan serta upaya mengharmoniskan potensi sumber daya manusia dan teknologi di lingkungan peradilan agama," ujarnya di Aula Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Jum'at, 19 Juni 2020.

Ia menuturkan, di masa pandemi covid-19 ini ada beberapa terobosan yang dilakukan oleh aparatur peradilan agar tetap dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat. Misalnya saja, kata dia Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung telah menyiapkan opsi Pelayananan Terpadu Satu Pintu (PTSP), call center dan pusat data yang diselenggarakan secara online. "Tujuannya agar efektif dan efisien sehingga memudahkan segalanya," katanya.

Ade juga berujar jika dalam majalah yang ditargetkan terbit pada akhir Juni 2020 tersebut menyajikan informasi mengenai pelayanan Peradilan Agama se-Lampung selama masa wabah virus corona. Berdasarkan hasil pantauan tim redaksi, seluruh seluruh Pengadilan Agama sangat ketat menerapkan protokol yang diistruksikan oleh pemerintah. "Semua aparatur yang bertugas di pelayanan pendaftaran, bagian informasi maupun proses pengadilan menggunakan standar alat pelindung diri yang lengkap," tuturnya.

Tak hanya itu, Ade menuturkan pembaca juga akan disuguhkan dengan informasi perkembangan Pengadilan Agama se-Lampung yang dimuat dalam rubrik dinamika peradilan. Bahkan, kata dia pembaca juga diharapkan mendapat pengetahuan lebih setelah membaca majalah ini. "Sebab kami juga menyisipkan artikel dan ensiklopedi hukum yang berkaitan dengan isu kekinian," katanya.

tribunal edisi 21

Setali tiga uang, pada audiensi ini Tim redaksi Majalah Tribunal dan Judiciary Mobile Podcast (JMP) mempresentasikan rencana peluncuran inovasi baru untuk Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung berupa podcast atau rekaman audio visual yang berisi konten mengenai seputar peradilan dan perkembangan dunia hukum. Produser Judiciary Mobile Podcast (JMP) Nurman Ferdiana menuturkan, dalam podcast tersebut nantinya akan menggunakan model komunikasi partisipatif. "Kami akan mengemasnya lewat obrolan santai," ucapnya.

Nurman menjelaskan, bahwa podcast dianggap bagian dari inovasi sarana informasi yang kekinian. Sebab, kata dia, melalui media podcast ini orang akan dengan sangat mudah mengakses informasi tersebut dimana saja. "Media untuk mempromosikannya pun beragam, bisa lewat facbook, instagram maupun youtube," katanya.

Adapun konten dari podcast itu, Nurman mengatakan akan fokus membahas pada biografi tokoh peradilan, sejarah kelembagaan, hingga problematika dinamika hukum terbaru. Untuk menunjang hal tersebut, lanjut Nurman, setidaknya tim podcast telah merancang tim struktur kerja yang bertugas memproduksi hingga menyiarkan sebuah rekaman. "Seperti halnya produkksi film nantinya akan ada produser, skrip writer, editor, juga podcaster yang bertugas mewawancarai narasumber," ujarnya.

tribunal edisi 23
Sementara itu, menanggapi hal tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Dr. H. Nurdin Juddah, S.H, M.H menyambut baik kedua rencana itu. Bahkan, menurutnya dengan adanya media seperti ini segala bentuk publikasi dapat tersampaikan kepada masyarakat luas. "Kami akan mendorong hal-hal baik seperti ini," ucapnya.

Ia juga menyarankan agar pada edisi mendatang untuk mengupas tuntas mengenai eksistensi peradilan agama dari masa ke masa. Hal ini ditujukan sebagai bentuk pembaharuan informasi kepada generasi baru untuk lebih mengenal Pengadilan Agama. "Kita kan tahu bahwa peradilan agama sudah ada jauh sejak indonesia masih berbentuk kerajaan-kerajaan. Dan ini penting untuk diketahui," tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Dr. Hj. Rokhanah, SH. MH. Ia mengapresiasi segala kreatifitas dan inovasi yang digagas oleh seluruh tim redaksi Majalaj Tribunal maupun Judiciary Mobile Podcast (JMP). "Kami ucapkan terimakasih atas segala partisipasinya, dengan demikian menambah pengetahuan kami mengenai perkembangan informasi teknologi sepanjang ini," katanya.

Ia juga mengatakan akan mendukung penuh setiap langkah positif yang diambil oleh tim redaksi. Bahkan, ia tak segan untuk memberikan kritik dan saran demi mengembangkan inovasi-inovasi tersebut. "Kami sudah membaca dan menyaksikan di slide dan ini sangat luar biasa," ujarnya berseloroh.

Sebagai informasi, Majalah Tribunal adalah majalah Pengadilan Tinggi Agama yang terbit setiap empat bulan sekali dengan dikemas melalui dua bahasa (bilingual) yakni bahas Indonesia dan Inggris. Majalah Tribunal ini menjadi satu-satunya majalah peradilan yang disajikan dengan bahasa lugas dan sangat mudah dipahami. Sedangkan Judiciary Mobile Podcast (JMP) adalah media berbasis internet kekinian yang digagas untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dikemas melalui obrolan santai dengan setiap narasumber yang kredibel dan handal di bidang hukum dan peradilan.

tribunal edisi 22

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTA BANDAR LAMPUNG

Jalan Basuki Rahmat No. 24 Teluk Betung Utara

Kota Bandar Lampung,  Provinsi Lampung.

Telepon  :  +62 721 489813

Faksmile :  +62 721 476054

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.