logo

on . Dilihat: 19

PTA Bandar Lampung selenggarakan Bimtek Kesekretariatan dengan menghadirkan Kepala Biro Keuangan MARI


Golden Tulip Hotel |pta-bandarlampung.go.id

 bimtek kesek1

Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis. Kali ini Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyelenggarakan dua Bimtek Kesekretariatan yakni Bimtek Bidang Perencanaan Program dan Anggaran, dan Bimtek Bidang Keuangan. Banyak pemateri yang hadir baik secara virtual maupun secara Langsung. Pemateri yang dapat hadir secara Langsung yaitu Kepala Biro Keuangan Mahkamah Agung RI, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung, KPKNL Provinsi Lampung, KPPN Bandar Lampung, Wakil Ketua, Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan Dosen Jurnalistik. Sedangkan yang dapat hadir secara virtual melalui Zoom Meeting yaitu : Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI, dan Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI.

bimtek kesek2

Pada Bimtek Perencanaan Program dan Anggaran terdapat 40 orang peserta yang terdiri dari Sekretaris dan Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan Pengadilan Agama sewilayah Lampung. Sedangkan Bimtek Keuangan terdapat 40 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sub Bagian Keuangan dan Umum dan Operator SIMAK-BMN Pengadilan Agama sewilayah Lampung. 

Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama 3 (tiga) hari 2 dua malam yakni sejak 11 sampai 13 November 2020 di Hotel Golden Tulip, Bandar Lampung. Selama acara bimtek, panitia selalu mengingatkan kepada peserta untuk menjaga protokol kesehatan 3 M : Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci tangan.

Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Drs. H. Ibrahim Kardi, S.H., M.Hum. dengan seremonial berupa mengalungkan tanda peserta kepada dua orang peserta sebagai perwakilan dari peserta Bimtek, dan kemudian sesaat setelah itu secara serentak seluruh peserta memakainya. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Sipil Negara pada Bidang Perencanaan dan Bidang Keuangan dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya sebagai supporting unit di masing-masing pengadilan agama.” tutur Ketua Panitia, Hendiransyah, S.H., M.H. dalam Sambutannya di acara pembukaan.
Setelah Acara Pembukaan berlangsung, peserta Bimtek kemudian dipisah. Bidang Keuangan tetap berada dalam ruang Ballrom sedangkan Bidang Perencanaan memisahkan diri ke ruang Edelweiss. 20 (dua puluh) jam pelajaran diisi secara penuh oleh pemateri yang masing-masing menguasai bidangnya. Bidang Perencanaan Program dan Anggaran terdapat Materi mengenai SAKIP, Penyusunan dan Penelaahan RKAKL, Revisi Anggaran pada Tahun Berjalan, RKBMN, Tata Naskah DInas hingga materi tentang penyusunan Berita yang baik, mengelola media sosial dan fotografi. Sedang di Bidang Keuangan terdapat materi tentang SAKIP, telaah mandiri data dalam Aplikasi e-Rekon, penyusunan laporan keuangan dan prosedur tata cara pengisian telaah dengan benar, kesesuaian penggunaan mata anggaran dalam pelaksanaan anggaran dan penyebab penolakan SPM, penggunaan aplikasi siman dan simak bmn, penatausahaan dan pengelolaan BMN, pelaksanaan penatausahaan pertanggungjawaban keuangan negara dan pelaksanaan penilaian dan pengujian pertanggungjawaban keuangan negara.

“Penyegaran Informasi dan Bimbingan Teknis seperti ini sangat bermanfaat untuk kami dalam menjalankan tugas, terima kasih kepada Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung yang sudah menyelenggarakan Bimtek ini, semoga kami dapat menjalankan tugas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta sesuai amanah dan tanggung jawab yang dibebankan kepada kami” Pesan dan Kesan salah seorang peserta Bimtek, H. Bunyamin, S.Ag., Sekretaris PA Metro dalam upacara penutupan (13/11/20). (RY)

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTA BANDAR LAMPUNG

Jalan Basuki Rahmat No. 24 Teluk Betung Utara

Kota Bandar Lampung,  Provinsi Lampung.

Telepon  :  +62 721 489813

Faksmile :  +62 721 476054

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.