Desain Header Web PTA Bandar Lampun min

*** TERIMA KASIH UNTUK TIDAK MEMBERIKAN IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA APARATUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG. WASPADA TERHADAP MODUS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, HAKIM, PEJABAT DAN SELURUH PEGAWAI PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN ***

on . Dilihat: 48

Refleksi Kinerja Mahkamah Agung RI Tahun 2022

 

 

RefleksiMARI3

Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung mengikuti Refleksi Kinerja Mahkamah Agung RI Tahun 2022  pada Selasa, 3 Januari 2023. Acara diikuti oleh Ketua PTA Bandar Lampung, Drs. H. Helmy Thohir, M.H., bersama Wakil Ketua PTA BAndar Lampung Dr. H. Khaerudin, S.H., M.Hum., hakim tinggi dan panitera PTA Bandar Lampung Sujarwo, S.H. Kegiatan diikuti oleh seluruh aparatur badan peradilan di Mahkamah Agung dan jurnalis nasional secara daring. 

Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, Dr. H. M. Syarifuddin menyampaikan dalam sambutannya, dalam kegiatan ini selain untuk menyampaikan segala capaian MA selama tahun 2022, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus menyerap aspirasi, saran, dan kritik dari para jurnalis dan warga peradilan seluruh Indonesia, untuk perbaikan yang lebih baik lagi di institusi MA dan badan peradilan dibawahnya. 

RefleksiMARI1

Dalam kesempatan itu ia juga meyampaikan permohonan maaf atas peristiwa yang menimpa Hakim Agung dan beberapa pegawai Mahkamah Agung  yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atas dugaan melakukan tindak pidana korupsi. 

"Atas nama Pimpinan Mahkamah Agung saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada para sesepuh dan senior kami dan seluruh masyarakat Indonesia atas kejadian yang menimpa dua orang Hakim Agung dan beberapa Aparatur Mahkamah Agung tersebut. Kami akan jadikan peristiwa ini sebagai pelajaran untuk upaya pembenahan di tubuh lembaga peradilan ke depannya." Ujarnya.

RefleksiMARI

Adapun langkah-langkah yang diambil sebagai pemulihan untuk kinerja dari MA diantaranya :

1.                  Memberhentikan sementara Hakim Agung dan Aparatur Mahkamah Agung yang diduga terlibat tindak pidana sampai dengan adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

2.                  Melakukan rotasi dan mutasi aparatur di lingkungan Mahkamah Agung, khususnya yang terkait dengan bidang penanganan perkara.

3.                  Mahkamah Agung telah menerbitkan SK KMA No 349/KMA/SK/XII/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengisian Jabatan dan Seleksi Panitera, Panitera Muda dan Panitera Pengganti.

4.                  Setiap atasan langsung dari aparatur yang terlibat dugaan pelanggaran kode etik maupun pelanggaran pidana telah diperiksa sesuai dengan PERMA Nomor 8 Tahun 2016.

5.                  Pemasangan CCTV di area kantor MA yang diduga menjadi tempat untuk bertransaksi perkara dan Membangun Sistem Informasi Pengawasan Khusus-MA (SIWAS SUS-MA) untuk perkara HUM, Kasasi,              dan PK.

6.                  Mahkamah Agung telah membangun komunikasi yang intens dengan Komisi Yudisial melalui Tim Penghubung dari masing-masing lembaga untuk memantapkan pengawasan dan pembinaan secara                      terpadu.

7.                  Badan Pengawasan Mahkamah Agung telah menerjunkan Mysterious Shoper sebanyak 26 orang di Kantor Mahkamah Agung.

8.                  Mahkamah Agung telah membuat kanal pengaduan khusus (Bawas Care) melalui saluran whatsapp dengan atau : 0821-2424-9090 yang terhubung langsung kepada Kamar Pengawasan MA.

9.                  Mahkamah Agung juga telah membentuk Tim Pokja persidangan terbuka untuk umum, khusus bagi pembacaan amar putusan secara virtual bagi putusan kasasi dan peninjauan kembali dan Pokja                             perubahan aplikasi informasi perkara dengan tidak menyebutkan nama Hakim Agung dan Panitera Pengganti sejak awal perkara masuk.

10.              Mahkamah Agung melalui Tim Developmen MA sedang membangun aplikasi penunjukan Majelis Hakim secara IT dengan menggunakan sistem Robotik.

11.              Mahkamah Agung telah merevisi sistem presensi kehadiran bagi para Hakim dan Aparatur Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya melalui SK KMA Nomor 368/KMA/SK/XII/2022 dan presensi online bagi Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc pada Mahkamah Agung berdasarkan SK KMA Nomor 369/KMA/SK/XII/2022. Dalam dua SK KMA tersebut ditentukan bahwa presensi online saat ini menggunakan foto wajah (swa foto) di kantor dengan menggunakan sistem GPS terkunci.

12.              Mahkamah Agung sedang merancang pembangunan PTSP Mandiri. Sebelum PTSP mandiri ini terbentuk, sementara dilakukan pengamanan oleh anggota militer dari Pengadilan Militer untuk meningkatkan penjagaan agar yang masuk ke Gedung Mahkamah Agung benar-benar pihak yang berkepentingan. Penjagaan tersebut juga dimaksudkan guna memberikan keterangan bagi para Hakim Agung, Hakim Ad-Hoc-dao Aparatur di MA dalam bekerja.

 

13.              Ketua Mahkamah Agung atas nama Pimpinan Mahkamah Agung telah mengeluarkan Instruksi dalam bentuk rekaman suara yang diperdengarkan minimal 2 kali dalam seminggu, baik di Mahkamah Agung maupun di jajaran pengadilan di seluruh Indonesia.

Mahkamah Agung pada tanggal 19 Agustus 2022 lalu bertepatan dengan hari Ulang Tahun yang ke 77 telah meluncurkan sebuah aplikasi baru yang kemudian diberi nama aplikasi e-BERPADU atau Elektronik Berkas Pidana Terpadu yang digagas dan dikembangkan oleh jajaran Kesekretariatan Mahkamah Agung. Aplikasi e-BERPADU, memiliki 6 fitur layanan berupa: pelimpahan berkas perkara secara elektronik, izin/persetujuan penggeledahan secara elektronik, izin/persetujuan penyitaan secara elektronik, perpanjangan penahanan ke pengadilan secara elektronik, izin besuk tahanan secara elektronik, dan permohonan pinjam pakai barang bukti secara elektronik.

Selanjutnya Dr. H. M. Syarifuddin, menyampaikan laporan jumlah perkara yang masuk ke Mahkamah Agung sepanjang  tahun 2022. Semua capaian kinerja tersebut tidak terlepas dari peran dan kontribusi para Yang Mulia Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc pada Mahkamah Agung, serta seluruh jajaran Kepaniteraan Mahkamah Agung yang telah berkerja dengan keras, siang dan malam tanpa mengenal lelah dalam menyelesaikan perkara di bawah koordinasi para Ketua Kamar masing-masing dengan dukungan anggaran dari Kesekretariatan Mahkamah Agung. 

Capaian-capaian tersebut tidak terlepas dari peran sistem teknologi yang terus dikembangkan oleh jajaran Kesekretarian Mahkamah Agung dengan dibangunnya berbagai aplikasi yang dapat membantu kinerja aparatur, pertama, Aplikasi e-BIMA atau elektronik Budgeting Implementation, Monitoring and Accountability, yaitu aplikasi di bidang penatakelolaan keuangan negara. Kedua, aplikasi e-SADEWA atau Electronic State Asset Development and Enhancement Work Application, yaitu aplikasi di bidang penatakelolaan barang milik negara (BMN) di lingkungan Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya, dan Ketiga Aplikasi ePRIMA atau electronic Procurement Implementation Management and Accountability, yaitu aplikasi di bidang pengelolaan pelaksanaan pengadaan barang/ jasa dilingkungan Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

Di bidang kepegawaian Mahkamah Agung memperoleh penghargaan BKN Award tahun 2022 untuk non kementerian tipe besar dari Badan Kepegawaian Negara atas capaian dalam Penilaian Kompetensi. Dalam hal pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM, Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya secara konsisten terus melakukan upaya perubahan dan perbaikan budaya kerja dan pelayanan publik. sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 jumlah keseluruhan satuan kerja yang telah memperoleh predikat WBBM sebanyak 15 satuan kerja dan yang telah memperoleh predikat WBK sebanyak 203 satuan kerja.

Pada bidang realisasi anggaran pada tahun 2022, berdasarkan tiga jenis belanja, yaitu belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal sampai dengan tanggal 30 Desember 2022, dari total anggaran sebesar 11.514.617.198.000 Mahkamah Agung telah mampu menyerap anggaran sebesar 11.237.997.988.609 atau 97,60% dari total Pagu Mahkamah Agung tahun 2022.

 

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTA BANDAR LAMPUNG

Jalan Basuki Rahmat No. 24 Teluk Betung Utara

Kota Bandar Lampung,  Provinsi Lampung.

Telepon  :  +62 721 489813

Faksmile :  +62 721 476054

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.