Desain Header Web PTA Bandar Lampun min

*** TERIMA KASIH UNTUK TIDAK MEMBERIKAN IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA APARATUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG. WASPADA TERHADAP MODUS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, HAKIM, PEJABAT DAN SELURUH PEGAWAI PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN ***

on . Dilihat: 72

Upaya Optimalisasi Pengelolaan PPNPN dalam Peningkatan Organisasi

satujamsaja

Bandar Lampung, pta-bandarlampung.go.id – Memahami konteks keberadaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) haruslah dikaitkan dengan potensi PPNPN untuk peningkatan kualitas instansi pemerintah. Terlebih ketika PPNPN tak hanya ditugaskan pada bagian non administrasi seperti pramubakti dan petugas keamanan, namun juga turut melakukan tugas administrasi. Maka, kompetensi yang dimiliki oleh PPNPN dapat dimanfaatkan dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Akan tetapi, sejatinya pengelolaan PPNPN memiliki berbagai tantangan secara nyata sehingga berdampak pada kelangsungan organisasi.

Hal inilah yang menjadi topik utama dalam kegiatan Satu Jam Saja bagian kesekretariatan yang diselenggarakan pada Rabu, 22/11/2023 secara daring. Sekretaris Pengadilan Agama Mesuji Kelas II, Agustiansyah Salim, S.H. menyampaikan makalah berjudul “Peningkatan Efektivitas Organisasi Melalui Optimalisasi Pengelolaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN)”. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua dan pejabat bagian Kesekretariatan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Bandar Lampung, serta pejabat Kesekretariatan 14 Pengadilan Agama di Provinsi Lampung.

satujamsajaa

Berdasarkan hasil diskusi, terdapat empat strategi yang bisa dilakukan oleh satuan kerja dalam rangka optimalisasi pengelolaan PPNPN. Pertama, satuan kerja dapat melakukan pengembangan keterampilan terhadap PPNPN. Kegiatan ini bisa ditampakkan dengan beragam kegiatan pelatihan terkait materi kedinasan. Kedua, evaluasi kinerja yang berkelanjutan. Strategi kedua ini dinilai krusial karena evaluasi kinerja dapat menilai sejauh mana kemampuan PPNPN dalam menyelesaikan tugasnya. Untuk menghasilkan evaluasi kinerja yang sesuai, diharapkan atasan mampu mengedepankan prinsip objektivitas.

Selanjutnya, komitmen pimpinan organisasi adalah strategi yang dapat dijalankan. Komitmen pimpinan organisasi merupakan kunci utama atas keberhasilan optimalisasi pengelolaan PPNPN. Sebab, seluruh kebijakan yang penting bagi satuan kerja berada di tangan pimpinan. Terakhir, pengakuan dan penghargaan selayaknya dapat diberikan kepada PPNPN yang menorehkan prestasi. Sekecil apa pun kontribusi yang diberikan oleh PPNPN, hendaknya satuan kerja dapat memberikan penghargaan. Semisal berupa predikat PPNPN teladan, yang dapat membuat PPNPN merasa dihargai dan dibutuhkan oleh satuan kerja. (Penulis : Rifka Aprilia)

Add comment

Hubungi Kami

PTA BANDAR LAMPUNG

Jalan Basuki Rahmat No. 24 Teluk Betung Utara

Kota Bandar Lampung,  Provinsi Lampung.

Telepon  :  +62 721 489813

Faksmile :  +62 721 476054

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

bot