Desain Header Web PTA Bandar Lampun min

*** TERIMA KASIH UNTUK TIDAK MEMBERIKAN IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA APARATUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG. WASPADA TERHADAP MODUS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, HAKIM, PEJABAT DAN SELURUH PEGAWAI PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN ***

Ditulis oleh RANI CAHYANI on . Dilihat: 219

UCAPAN UNTUK YANG MENIKAH DAN YANG MENINGGAL DUNIA

oleh :

Drs. H. Ahud Misbahuddin, S.H., M.H.

 

Agar pernikahan diberkahi oleh Allah ta’ala, ada ucapan yang bisa dipanjatkan untuk kedua calon mempelai. Tentu saja doa dan ucapan tersebut harus sesuai dengan ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ucapan/bacaan yang dicontohkan oleh Nabi adalah mendoakan keberkahan. Inilah salah satu do’a yang diajarkan oleh Nabi bagi pasangan pengantin:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khayrin, yang artinya: “Semoga Allah memberikan keberkahan padamu dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Daud no. 2130, dicantumkan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar). Kemudian disyariatkan pula kepada orang yang mendapat musibah meninggalnya salah satu kerabatnya agar berkata:

إنا لله وإنا إليه راجعون، اللهم أجرني في مصيبتي خيرا وأخلف لي خيرا منها

Innaa lillahi waa innaa ilaihi raajiuun, Allahumma Ajirnii fii mushibati khairan waa akhlifnii khairan minha, yang artinya: “Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya kita kembali, ya Allah berikanlah pahala atas musibahku dan gantilah dengan yang lebih baik”. Wajib baginya ridha dengan qadha dan menerima ketetapan Allah. Tidak mengapa menangis/bersedih dan berkata:

العين تدمع والقلب يحزن، ولا نقول إلا ما يرضي ربنا

Al-‘ainu tadmaghu wal qalbu yahzanu, walaa naqulu illa maa yardha rabbuna yang artinya: “Mata boleh jadi menangis dan hati bersedih, (akan tetapi) kami tidaklah berkata-kata kecuali apa yang diridhai Rabb kami”.

Marilah kita senantiasa untuk berdzikir dan saling memberikan ucapan dalam keseharian kita dengan memperhatikan anjuran dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. (fan)

Hubungi Kami

PTA BANDAR LAMPUNG

Jalan Basuki Rahmat No. 24 Teluk Betung Utara

Kota Bandar Lampung,  Provinsi Lampung.

Telepon  :  +62 721 489813

Faksmile :  +62 721 476054

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.