1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Refleksi dan Implementasi SAPM di PA Sewilayah PTA Bandarlampung

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
Selasa, 26 Juni 2018, PTA Bandar Lampung menggelar acara yg bertajuk Implentasi SAPM PTA Bandar Lampung. bertempat di ruang rapat panitera dan sekretaris PTA Bandar Lampung, hadir 12 orang terpilih dari 9 satker sebagai pejuang SAPM. Dr. Drs. H Syahril. S.H., M.H. mengatakan ada sebuah pertanyaan  yg patut menjadi bahan refleksi bagi kita semua terkait diraihnya akreditasi A maupun B di masing-masing satker. 
 
Pertanyaan itu adalah apakah manfaat SAPM ini benar-benar telah dirasakan misalnya ada beberapa PA yang hasil SKM-nya terendah pada poin "lamanya waktu pelayanan". Apakah setelah SAPM kemudian pelayanan menjadi lebih cepat dan sebagaiannya. Pada intinya beliau berharap agar SAPM tidak berhenti hanya sebatas dokumen tetapi lebih aplikatif sehingga manfaatnya dapat dirasakan.
 
Lebih lanjut, Sekretaris PTA Bandarlampung Drs. Arif Hidayat, S.H. M.M., menekankan bahwa SAPM harus dibumikan dan jangan pernah putus asa kepada para aparatur yg saat ini belum punya kepedulian terhadap SAPM. Caranya bahas dan terus bicarakan SAPM di setiap kesempatan.
 
Pada sesi berikutnya. Panitera PTA Bandarlampung H.A. Jakin Karim, S.H., M.H. mengawali pembahasannya dari Visi besar Mahkamah Agung RI yang sudah pasti akan didukung oleh visi misi dari Pengadilan Agama yang selaras sebagai bagian dari lembaga ini. Hendaknya visi misi masing-masing Pengadilan Agama membumi artinya visi misi harus difahami oleh seluruh aparatur yang ada. Sehingga seluruh aparatur mengetahui akan kemana lembaga tempat mereka berkarnya dibawa.
 
Visi misi sebagai tujuan besar lembaga kemudian dijabarkan dalam renstra dan iKU. IKU dijabrkan lagi dalam IKUU yang kemudian menjadi landasan RKT, PKT dan Perjanjian Kerja. Ada tahapan dari sistem manajemen kinerja.
1. Tahapan perencanaan
2. Tahap pelaksanaan
3. Monitoring
4. Evaluasi
5. Perbaikan
 
Adapun faktor keberhasilan kinerja adalah :
1. Personality
2. Kepemimpinan
3. Kemampuan
4. Faktor lingkungan
 
Sesi selanjutnya disi dengan penyampainyan penyusunan risk register oleh Hardini Tawangsari, S.Si., M.H. yang dipertajam oleh Drs. Arief hidayat, S.H. M.M. yang menginformasi beberapa hal baru dari admInistrasi manajemen yang terdiri dari :
1. SWOT
2. Kebutuhan dan Harapan 
3. Manual Mutu
4. Tabel RaCI
 
Terakhir, sesi ditutup dengan pelaksanaan riset SWOT dan riset Kebutuhan dan harapan oleh Yosrinaldi Syarief, S.H., M.H. Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Bandar Lampung. Diujung acara dibentuk Tim SAPM sewilayah PTA Bandar Lampung yang akan menjadi pejuang implementasi SAPM di wilayah hukum PTA Bandarlampung.
(HTs)
 

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-