1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pendalaman materi SAPM

Pasca Implementasi SAPM edisi I 2018,

PTA Bandar Lampung Langsung Tancap Gas

www.pta-bandarlampung.go.id

Setelah perhelatan penyerahan Sertifikat SAPM edisi I Tahun 2018 selesai dilaksanakan di Balik Papan (13/7) lalu,  Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung langsung tancap gas dengan mengundang aparatur yang dipandang potensial untuk dijadikan sebagai duta SAPM wilayah Pengadilan Tingi Agama Bandar Lampung pada hari Jum’at tanggal 20 Juli 2018 bertempat di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung. Aparatur yang dipandang potensial tersebut adalah Deska Pitrah, SH,MH, Erlin Paulina, ST, H. Bunyamin, S.Ag, Uswatun Hasanah, SHI, Zulhaida, SH,MH, Anis Khoirunnisa, S.Ag, MH, H. Dede Andi, SHI, MH, Ahmad Satiri, S.Ag, MH, Arifin, SHI, MH, H. Ahmad Syahab, SH,MH, Drs. Riduansyah, Rahmawati, SH, MHI, Hamsiri, S.Pd, SHI, Yosrinaldo Syarief, SH, MH, Hardini Tawangsari, S.Si, MH dan Berki Rahmat, S.Kom.

Drs. Arief Hidayat,SH,MM  selaku sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menjelaskan bahwa tujuan dari undangan ini adalah pendalaman materi SAPM agar implementasi SAPM di seluruh Pengadilan Agama se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung yang semuanya sudah terakreditasi tidak euforia setelah mendapatkan predikat akreditasi sehingga melupakan subtansi implementasi itu sendiri.

Materi pertemuan yang dsiampaikan sehatri penuh ini memuat pemantapan konsep SAPM secara rinci dari mulai persiapan implementasi menjelang survillance, teknik pembuatan dan penyusunan dokumen teknik analisis swot, teknik analisis kebutuhan dan harapan stakeholder, teknik menyusun risk register, monitoring risiko, sasaran mutu dan monitoringnya, tenik Survey Kepuasan Masyarakat,  teknik asesment internal, dan mekanisme Rapat Tinjauan Manajemen. Semua materi disampaikan oleh Arief Hidayat.

Peserta yang mengikuti pendalaman materi di atas terdiri dari unsur hakim dan pejabat (Kepala Bagian, Panitera,  Sekretaris dan Kasubag), sangat antusias mengikutinya dan menjelang akhir sesi perwakilan peserta memberikan kesan bahwa pertemuan ini sangat penting dan memberi motivasi untuk mengkampanyekan pentingnya SAPM diimplementasikan di Pengadilan Agama, demikian disampaikan Uswatun Hasanah, SHI (Hakim PA Gunung Sugih) hal senada juga diamini oleh Drs. Riduansyah (Panitera PA Krui) dan ditambahkan bahwa pembekalan ini sebaiknya juga dilakukan pada level pimpinan Pengadilan Agama.

H. A.Yakin Karim, SH,MH selaku Panitera Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyampaikan kepada peserta agar tetap semangat membumikan SAPM di Pengadilan Agama, hadapi semua kendala sebagai tantangan caranya memanfaatkan seluruh kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman sebagaimana teknik analisis SWOT.

Menutup pertemuan ini, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Dr. H. Syahril, SH, MH menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi seluruh Pengadilan Agama Se-Provinsi Lampung yang sudah mengikuti program akreditasi dan alhamdulillah semuanya sudah terakreditasi dengan status masing-masing, kedepan agar yang sudah mendapat akreditasi A Excellent tetap dipertahankan dan yang mendapat B agar ditingkatkan menjadi A Excellent pada saat survillance. Menanggapi kesan peserta yang meminta agar level pimpinan dibekali materi serupa, Waka PTA Bandar Lampung langsung menyatakan akan segera mengumpulkan pimpinan untuk dibererikan pembekalan yang sama. Karena kata kunci SAPM adalah adanya kesungguh-sungguhan pimpinan dalam menggerakan dan mempengaruhi bawahannya serta mengajak seluruh aparatur di satuan kerjanya bekerja dengan sistem SAPM, tambah Dr. H. Syahril, SH,MH.

Selanjutnya Setelah sehari mendapat pembekalan pendalaman materi SAPM, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyerahkan Sertifikat kepada 16 orang peserta sebagai asesor internal sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, menurut Arief Hidayat tambahan tenaga asesor internal ini selain akan diberdayakan untuk memberikan bimbingan SAPM di Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung sekaligus menjadi asesor internal pada saat survillance. (ahid).

 

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-